RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTS : SMP N 1
KERTANEGARA
Mata Pelajaran : IPA (Fisika)
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan ke- :
1
Standar Kompetensi :
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda- benda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi
Dasar : 1.1
Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
Indikator
:a.
Mengidentifikasi besaran-besaran fisika dalam kehidupan
sehari-hari,
kemudian mengelompokannya ke dalam besaran
pokok dan turunan,
b. Menggunakan satuan sistem internasional
dalam
pengukuran,
c. Mengonversi satuan
panjang, massa,waktu
dan suhu secara
sederhana,
Alokasi
Waktu : 2 jam
pelajaran x 40’
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah pembelajaran ini, diharapkan peserta didik mampu
1.
Peserta didik mampu mengidentifikasi besaran-besaran
fisika,
2.
Peserta didik mampu mengelompokan besaran fisika ke dalam
besaran pokok dan besaran turunan,
3.
Peserta didik mampu menggunakan satuan internasional
dalam pengukuran,
4.
Peserta didik mampu mengonversi satuan panjang, massa,
waktu dan suhu.
5.
A.
Materi Pembelajaran :
Besaran Pokok dan Besaran Turunan
B.
Metode Pembelajaran :Diskusi,
Tanya Jawab, Ceramah, Penugasan.
C.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam
·
Guru melakukan absensi kepada peserta didik
·
Guru melakukan tanya jawab untuk mengungkap pengetahuan
awal peserta didik tentang besaran dan satuan.
|
5 menit
|
2
|
Kegiatan inti
·
Melakukan diskusi kelas menyebutkan besaran dan
mengelompokannya ke dalam besaran pokok dan besaran turunan
·
Melakukan diskusi kelas untuk menggunakan satuan fisika
dalam sistem internasional
·
Melakukan tanya jawab, mengonversi besaran-besaran
panjang, massa, dan waktu.
·
Mengadakan kuis tertulis yang disampaikan secara lisan
untuk mengetahui pemahaman materi yang telah dipelajari
|
30 menit
|
3
|
Kegiatan akhir
·
Dengan diskusi dan tanya jawab yang telah dilakukan
guru menyimpulkan dan menerangkan kembali materi besaran pokok dan besaran
turunan, kemudian guru memberi tugas individu,tugas membaca dan memahami
materi berikutnya.
|
5 menit
|
D.
Sumber Belajar :
Sumber
1. Modul
2.
Riyanto, Widiyanto, Kadiyo, Yulius Supriyana. 2007. IPA
Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu
3.
Kanginan, Marthen. 2007. IPA FISIKA untuk SMP Kelas
VII. Jakarta: Erlangga
Sarana/media
White Board,
LCD,
E.
Penilaian :
Keaktifan berinteraksi dalam proses pembelajaran ( keaktifan dalam proses
tanya jawab dan diskusi)
Sikap, minat dan tingkah laku
Kuis
Tugas
Contoh soal kuis
1.
Jelaskan syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh sebuah
satuan yang baik? (skor:20)
2.
Tuliskan lima contoh besaran dalam fisika! (skor:25)
3.
Bagaimana kamu dapat membedakan besaran pokok dan besaran
turunan? (skor:25)
4.
Apa yang terjadi jika dalam pengukuran tidak ada sistem
satuan internasional? (skor:30)
Jawaban kuis
1.
Satuan bersifat tetap, satuan harus mudah ditiru, satuan
harus bersifat internasional
2.
Besaran panjang, massa, waktu, suhu dan intensitas cahaya
3.
Besaran pokok: besaran yang satuannya didefinisikan tersendiri
tidak diturunkan dari satuan besaran lain.
Besaran turunan:
besaran yang didapatkan dari penurunan atau penjabaran besaran pokok
4.
Setiap negara akan mempunyai sistem satuan sendiri yang berbeda antara negara
yang satu dengan negara yang lain sehingga terjadi kesulitan-kesulitan dalam
penyesuaian satuan.
Kertanegara,.......
Mengetahui,
Kepala SMP 1 KERTANEGARA Guru Mata Pelajaran
Giman Somari, M.Ag Tri
Nofiatun, S.Pd
NIP: NIP:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTS : SMP N 1
KERTANEGARA
Mata Pelajaran : IPA (Fisika)
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan ke- :
2
Standar Kompetensi :
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-
benda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi
Dasar : 1.2 Menseskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya
Indikator
:1.
Mendeskripsikan pengertian suhu
2. menggunakan termometer untuk mengukur
suhu zat
3. membandingkan skala termometer Celcius
dengan skala
termometer
yang lain
Alokasi
Waktu : 2 jam
pelajaran x 45’
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
pembelajaran ini, diharapkan peserta didik mampu
1.
Peserta didik mampu mendeskripsikan pengertian suhu
2.
Peserta didik mampu menggunakan termometer untuk mengukur
suhu zat
3.
Peserta didik mampu membandingkan skala termometer
Celcius dengan skala termometer yang lain .
II.
Materi Pembelajaran :
Suhu dan Pengukurannya
III.
Metode Pembelajaran :
Ceramah, Demonstrasi, Tanya Jawab, Penugasan
IV.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam
·
Guru melakukan absensi kepada peserta didik
·
Guru memberikan tes lisan dengan menunjuk siswa yang
diinginkan dengan cara melihat absen atau dengan cara lainnya tentang
pelajaran yang lalu dan pelajaran yang akan diberikan.
|
5 menit
|
2
|
Kegiatan inti
·
Guru memberikan gambaran awal mengenai pengertian suhu
·
Guru melakukan demonstrasi cara menggunakan termometer
untuk mengukur suhu suatu zat
·
Guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik tentang
macam-macam termometer dan penggunannya.
·
Melakukan diskusi kelas, membandingkan skala termometer
Celcius dengan termometer fahreinheit dan reamur.
·
Guru memberikan latihan soal tertulis tentang
mengkonversi skala termometer celcius ke skala termometer lainnya dan
sebaliknya.
·
Setelah guru memberikan latihan soal guru menunjuk
perwakilan siswa untuk mengerjakan di papan tulis.
·
Guru selain memberikan latihan soal, guru juga
mengadakan kuis tertulis yang disampaikan secara lisan oleh guru.
|
30 menit
|
3
|
Kegiatan akhir
·
Dengan diskusi dan tanya jawab yang telah dilakukan
guru menyimpulkan dan menerangkan kembali materi suhu dan pengukurannya,
kemudian guru memberi tugas kelompok tentang “ Mengapa tangan kita tidak
bisa dijadikan alat untuk mengukur suhu”, tugas dibuat dalam bentuk
laporan dan di kumpulkan pertemuan berikutnya.
|
5 menit
|
V.
Sumber Belajar :
Sumber
1. Modul
2.
Riyanto, Widiyanto, Kadiyo, Yulius Supriyana. 2007. IPA
Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu
3.
Kanginan, Marthen. 2007. IPA FISIKA untuk SMP Kelas
VII. Jakarta: Erlangga
Sarana/media
White Board,
LCD,
VI.
Penilaian :
Keaktifan berinteraksi dalam proses pembelajaran ( keaktifan dalam proses
tanya jawab dan diskusi)
Sikap, minat dan tingkah laku
Tes tulis
Tugas kelompok
Contoh soal tes tulis
1.
Apa pengertian suhu menurut anda?(skor:20)
2.
Sebutkan jenis-jenis termometer!(skor:30)
3.
Keuntungan air raksa sebagai pengisi termometer
adalah....(skor:35)
4.
Untuk menentukan titik tetap bawah pada termometer
celcius digunakan....(skor:15)
Jawaban soal kuis:
1.
Suhu adalah derajat panas suatu bend
2.
Termometer zat cair (termometer klinis, termometer
maksimum-minimum), termometer zat padat (termometer termokopel dan termometer
hambatan), termometer gas dan termometer optik.
3.
Tidak membasahi dinding, titik bekunya rendah, titik
didihnya tinggi, cepat menerima dan melepas panas.
4.
Es yang sedang mencair
Kertanegara,.......
Mengetahui,
Kepala SMP 1 KERTANEGARA Guru Mata Pelajaran
Giman Somari, M.Ag Tri
Nofiatun, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTS : SMP N 1
KERTANEGARA
Mata Pelajaran : IPA (Fisika)
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan ke- :
3
Standar Kompetensi :
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-
benda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar :
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator :
melakukan pengukuran dasar menggunakan alat ukur yang
sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi
Waktu : 2 jam
pelajaran (80 menit).
I.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah
pembelajaran ini, diharapkan peserta didik mampu:
1.
Peserta didik mampu mengukur panjang dengan menggunakan
alat ukur mistar
2.
Peserta didik mampu menggunakan jangka sorong dan
mikrometer sekrup sebagai alat ukur.
II.
Materi Pembelajaran :
Satuan dan Pengukuran
III.
Metode Pembelajaran :
Tanya Jawab, Ceramah, Demonstrasi
IV.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam
·
Guru melakukan absensi kepada peserta didik
·
Guru melakukan penagihan tugas kelompok dalam bentuk
laporan untuk dikumpulkan
·
Guru melakukan tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
untuk mengingatkan kembali kepada peserta didik.
|
5 menit
|
2
|
Kegiatan inti
·
Melakukan pengukuran panjang dengan macam-macam alat
ukur panjang
·
Menggunakan alat ukur waktu
·
Guru mengamati demonstrasi para peserta didik cara
menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup
·
Guru mengamati demonstrasi para peserta didik membaca
skala nonius pada jangka sorong kemudian di lanjutkan melakukan pengukuran
dengan alat jangka sorong.
|
30 menit
|
3
|
Kegiatan akhir
·
Dengan diskusi dan tanya jawab yang telah dilakukan
guru menyimpulkan dan menerangkan kembali materi pengukuran, kemudian guru
memberi tugas individu,tugas membaca dan memahami materi berikutnya.
|
5 menit
|
V.
Sumber Belajar :
Sumber
1.
Modul
2.
Riyanto, Widiyanto, Kadiyo, Yulius Supriyana. 2007. IPA
Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu
3.
Kanginan, Marthen. 2007. IPA FISIKA untuk SMP Kelas
VII. Jakarta: Erlangga
Sarana/media/alat
White Board,
LCD,Penggaris, Jangka Sorong, Mikrometer Sekrup, stop-watch
4.
Penilaian :
Kuis tertulis, Tugas
Keaktifan dalam tanya jawab dan keterampilan kinerja
Sikap,
minat dan tingkah laku peserta didik
Contoh soal kuis
1.
Skala terkecil pada penggaris yang kamu gunakan
adalah....
2.
Alat pengukur panjang yang mempunyai ketelitian sampai
0,1 mm adalah...
3.
Mikrometer sekrup mempunyai ketelitian sampai....
4.
Ada 10 lembar kertas HVS, untuk mengukur ketebalan kertas
HVS tersebut alat ukur apa yang sesuai untuk digunakan.....
5.
Alat ukur jangka sorong dapat digunakan untuk mengukur
apa saja?sebutkan...
Jawaban Kuis
1.
1 mm
2.
Jangka sorong
3.
0,01 mm
4.
Jangka sorong
5.
Mikrometer sekrup
Kertanegara,.......
Mengetahui,
Kepala SMP 1 KERTANEGARA Guru Mata Pelajaran
Giman Somari, M.Ag Tri
Nofiatun, S.Pd
0 komentar:
Posting Komentar