RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTS                               : SMP N 1
KERTANEGARA
Mata Pelajaran                        : IPA (Fisika)
Kelas/Semester                        : VII/1
Pertemuan ke-                         :
1
Standar Kompetensi                 :
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-  benda alam dengan menggunakan  peralatan
Kompetensi
Dasar                   : 1.1
Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya 
Indikator
                                :a.
Mengidentifikasi besaran-besaran fisika dalam kehidupan 
sehari-hari,
kemudian mengelompokannya ke dalam       besaran
  pokok dan turunan,
b. Menggunakan satuan sistem internasional
dalam
   pengukuran,
c. Mengonversi satuan
panjang, massa,waktu
dan suhu secara
   sederhana,
Alokasi
Waktu                        : 2 jam
pelajaran x 40’
Tujuan
Pembelajaran              :
Setelah pembelajaran ini, diharapkan peserta didik mampu
1.     
Peserta didik mampu mengidentifikasi besaran-besaran
fisika,
2.     
Peserta didik mampu mengelompokan besaran fisika ke dalam
besaran pokok dan besaran turunan,
3.     
Peserta didik mampu menggunakan satuan internasional
dalam pengukuran,
4.     
Peserta didik mampu mengonversi satuan panjang, massa,
waktu dan suhu.
5.     
  
A.   
Materi Pembelajaran         :
Besaran Pokok dan Besaran Turunan
B.    
Metode Pembelajaran       :Diskusi,
Tanya Jawab, Ceramah, Penugasan.
C.    
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO 
 | 
  
Kegiatan 
 | 
  
Alokasi waktu 
 | 
 
1 
 | 
  
Kegiatan awal 
·        
  Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam 
·        
  Guru melakukan absensi kepada peserta didik 
·        
  Guru melakukan tanya jawab untuk mengungkap pengetahuan
  awal peserta didik tentang besaran dan satuan. 
 | 
  
5  menit 
 | 
 
2 
 | 
  
Kegiatan inti 
·        
  Melakukan diskusi kelas menyebutkan besaran dan
  mengelompokannya ke dalam besaran pokok dan besaran turunan 
·        
  Melakukan diskusi kelas untuk menggunakan satuan fisika
  dalam sistem internasional 
·        
  Melakukan tanya jawab, mengonversi besaran-besaran
  panjang, massa, dan waktu. 
·        
  Mengadakan kuis tertulis yang disampaikan secara lisan
  untuk mengetahui pemahaman materi yang telah dipelajari 
 | 
  
30 menit 
 | 
 
3 
 | 
  
Kegiatan akhir 
·        
  Dengan diskusi dan tanya jawab yang telah dilakukan
  guru menyimpulkan dan menerangkan kembali materi besaran pokok dan besaran
  turunan, kemudian guru memberi tugas individu,tugas membaca dan memahami
  materi berikutnya. 
 | 
  
5 menit 
 | 
 
D.   
Sumber Belajar                  :
Sumber
1.    Modul
2.   
Riyanto, Widiyanto, Kadiyo, Yulius Supriyana. 2007. IPA
Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu
3.   
Kanginan, Marthen. 2007. IPA FISIKA untuk SMP Kelas
VII. Jakarta: Erlangga
Sarana/media
White Board,
LCD, 
E.    
Penilaian                            :
Keaktifan berinteraksi dalam proses pembelajaran ( keaktifan dalam proses
tanya jawab dan diskusi)
Sikap, minat dan tingkah laku
Kuis 
Tugas
Contoh soal kuis
1.     
Jelaskan syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh sebuah
satuan yang baik? (skor:20)
2.     
Tuliskan lima contoh besaran dalam fisika! (skor:25)
3.     
Bagaimana kamu dapat membedakan besaran pokok dan besaran
turunan? (skor:25)
4.     
Apa yang terjadi jika dalam pengukuran tidak ada sistem
satuan internasional? (skor:30)
Jawaban kuis
1.        
Satuan bersifat tetap, satuan harus mudah ditiru, satuan
harus bersifat internasional
2.        
Besaran panjang, massa, waktu, suhu dan intensitas cahaya
3.        
Besaran pokok: besaran yang satuannya didefinisikan tersendiri
tidak diturunkan dari satuan besaran lain.
Besaran turunan:
besaran yang didapatkan dari penurunan atau penjabaran besaran pokok
4.        
Setiap negara akan mempunyai sistem  satuan sendiri yang berbeda antara negara
yang satu dengan negara yang lain sehingga terjadi kesulitan-kesulitan dalam
penyesuaian satuan.
                                                                                    Kertanegara,.......
Mengetahui,
Kepala SMP 1 KERTANEGARA                             Guru Mata Pelajaran
 Giman Somari, M.Ag                                                 Tri
Nofiatun, S.Pd
NIP:                                                                            NIP:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTS                               : SMP N 1
KERTANEGARA
Mata Pelajaran                        : IPA (Fisika)
Kelas/Semester                        : VII/1
Pertemuan ke-                         :
2
Standar Kompetensi               :
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-
benda alam dengan menggunakan  peralatan
Kompetensi
Dasar                   : 1.2 Menseskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya 
Indikator
                                :1.
Mendeskripsikan pengertian suhu
                                                   2. menggunakan termometer untuk mengukur
suhu zat
                                                   3. membandingkan skala termometer Celcius
dengan skala 
termometer
yang lain
Alokasi
Waktu                        : 2 jam
pelajaran x 45’ 
I.        
Tujuan Pembelajaran        
Setelah
pembelajaran ini, diharapkan peserta didik mampu
1.     
Peserta didik mampu mendeskripsikan pengertian suhu
2.     
Peserta didik mampu menggunakan termometer untuk mengukur
suhu zat
3.     
Peserta didik mampu membandingkan skala termometer
Celcius dengan skala termometer yang lain .
II.     
Materi Pembelajaran        :
Suhu dan Pengukurannya
III.  
Metode Pembelajaran      :
Ceramah, Demonstrasi, Tanya Jawab, Penugasan
IV.  
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO 
 | 
  
Kegiatan 
 | 
  
Alokasi waktu 
 | 
 
1 
 | 
  
Kegiatan awal 
·        
  Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam 
·        
  Guru melakukan absensi kepada peserta didik 
·        
  Guru memberikan tes lisan dengan menunjuk siswa yang
  diinginkan dengan cara melihat absen atau dengan cara lainnya tentang
  pelajaran yang lalu dan pelajaran yang akan diberikan. 
 | 
  
5 menit 
 | 
 
2 
 | 
  
Kegiatan inti 
·        
  Guru memberikan gambaran awal mengenai pengertian suhu 
·        
  Guru melakukan demonstrasi cara menggunakan termometer
  untuk mengukur suhu suatu zat  
·        
  Guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik tentang
  macam-macam termometer dan penggunannya. 
·        
  Melakukan diskusi kelas, membandingkan skala termometer
  Celcius dengan termometer fahreinheit dan reamur. 
·        
  Guru memberikan latihan soal tertulis tentang
  mengkonversi skala termometer celcius ke skala termometer lainnya dan
  sebaliknya. 
·        
  Setelah guru memberikan latihan soal guru menunjuk
  perwakilan siswa untuk mengerjakan di papan tulis. 
·        
  Guru selain memberikan latihan soal, guru juga
  mengadakan kuis tertulis yang disampaikan secara lisan oleh guru. 
 | 
  
30 menit 
 | 
 
3 
 | 
  
Kegiatan akhir 
·        
  Dengan diskusi dan tanya jawab yang telah dilakukan
  guru menyimpulkan dan menerangkan kembali materi suhu dan pengukurannya,
  kemudian guru memberi tugas kelompok tentang “ Mengapa tangan kita tidak
  bisa dijadikan alat untuk mengukur suhu”, tugas dibuat dalam bentuk
  laporan dan di kumpulkan pertemuan berikutnya. 
 | 
  
5 menit 
 | 
 
V.     
Sumber Belajar                 :
Sumber
1.    Modul
2.   
Riyanto, Widiyanto, Kadiyo, Yulius Supriyana. 2007. IPA
Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu
3.   
Kanginan, Marthen. 2007. IPA FISIKA untuk SMP Kelas
VII. Jakarta: Erlangga
Sarana/media
White Board,
LCD, 
VI.  
Penilaian                           :
Keaktifan berinteraksi dalam proses pembelajaran ( keaktifan dalam proses
tanya jawab dan diskusi)
Sikap, minat dan tingkah laku
Tes tulis
Tugas kelompok
Contoh soal tes tulis
1.     
Apa pengertian suhu menurut anda?(skor:20)
2.     
Sebutkan jenis-jenis termometer!(skor:30)
3.     
Keuntungan air raksa sebagai pengisi termometer
adalah....(skor:35)
4.     
Untuk menentukan titik tetap bawah pada termometer
celcius digunakan....(skor:15)
Jawaban soal kuis:
1.     
Suhu adalah derajat panas suatu bend
2.     
Termometer zat cair (termometer klinis, termometer
maksimum-minimum), termometer zat padat (termometer termokopel dan termometer
hambatan), termometer gas dan termometer optik.
3.     
Tidak membasahi dinding, titik bekunya rendah, titik
didihnya tinggi, cepat menerima dan melepas panas.
4.     
Es yang sedang mencair 
                                                                                    Kertanegara,.......
Mengetahui,
Kepala SMP 1 KERTANEGARA                             Guru Mata Pelajaran
Giman Somari, M.Ag                                                  Tri
Nofiatun, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTS                               : SMP N 1
KERTANEGARA
Mata Pelajaran                        : IPA (Fisika)
Kelas/Semester                        : VII/1
Pertemuan ke-                         :
3
Standar Kompetensi               :
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-
benda alam dengan menggunakan  peralatan
Kompetensi Dasar                   :
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan 
menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator                                 :
melakukan pengukuran dasar menggunakan alat ukur yang 
sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi
Waktu                        : 2 jam
pelajaran (80 menit). 
I.        
Tujuan Pembelajaran        :
Setelah
pembelajaran ini, diharapkan peserta didik mampu:
1.     
Peserta didik mampu mengukur panjang dengan menggunakan
alat ukur mistar
2.     
Peserta didik mampu menggunakan jangka sorong dan
mikrometer sekrup sebagai alat ukur.
II.     
Materi Pembelajaran        :
Satuan dan Pengukuran
III.  
Metode Pembelajaran      :
Tanya Jawab, Ceramah, Demonstrasi
IV.  
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO 
 | 
  
Kegiatan 
 | 
  
Alokasi waktu 
 | 
 
1 
 | 
  
Kegiatan awal 
·        
  Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam 
·        
  Guru melakukan absensi kepada peserta didik 
·        
  Guru melakukan penagihan tugas kelompok dalam bentuk
  laporan untuk dikumpulkan 
·        
  Guru melakukan tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
  untuk mengingatkan kembali kepada peserta didik. 
 | 
  
5  menit 
 | 
 
2 
 | 
  
Kegiatan inti 
·        
  Melakukan pengukuran panjang dengan macam-macam alat
  ukur panjang 
·        
  Menggunakan alat ukur waktu  
·        
  Guru mengamati demonstrasi para peserta didik cara
  menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup 
·        
  Guru mengamati demonstrasi para peserta didik membaca
  skala nonius pada jangka sorong kemudian di lanjutkan melakukan pengukuran
  dengan alat jangka sorong. 
 | 
  
30 menit 
 | 
 
3 
 | 
  
Kegiatan akhir 
·        
  Dengan diskusi dan tanya jawab yang telah dilakukan
  guru menyimpulkan dan menerangkan kembali materi pengukuran, kemudian guru
  memberi tugas individu,tugas membaca dan memahami materi berikutnya. 
 | 
  
5 menit 
 | 
 
V.     
Sumber Belajar                 :
Sumber
1.     
Modul
2.     
Riyanto, Widiyanto, Kadiyo, Yulius Supriyana. 2007. IPA
Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu
3.   
Kanginan, Marthen. 2007. IPA FISIKA untuk SMP Kelas
VII. Jakarta: Erlangga
Sarana/media/alat
White Board,
LCD,Penggaris, Jangka Sorong, Mikrometer Sekrup, stop-watch
4.       
Penilaian                           :
Kuis tertulis, Tugas
Keaktifan dalam tanya jawab dan keterampilan kinerja
Sikap,
minat dan tingkah laku peserta didik
            Contoh soal kuis
1.     
Skala terkecil pada penggaris yang kamu gunakan
adalah....
2.     
Alat pengukur panjang yang mempunyai ketelitian sampai
0,1 mm adalah...
3.     
Mikrometer sekrup mempunyai ketelitian sampai....
4.     
Ada 10 lembar kertas HVS, untuk mengukur ketebalan kertas
HVS tersebut alat ukur apa yang sesuai untuk digunakan.....
5.     
Alat ukur jangka sorong dapat digunakan untuk mengukur
apa saja?sebutkan...
Jawaban Kuis
1.     
1 mm
2.     
Jangka sorong
3.     
0,01 mm
4.     
Jangka sorong
5.     
Mikrometer sekrup
                                                                                    Kertanegara,.......
Mengetahui,
Kepala SMP 1 KERTANEGARA                             Guru Mata Pelajaran
Giman Somari, M.Ag                                                  Tri
Nofiatun, S.Pd
0 komentar:
Posting Komentar