-->

BINTANG

Jumat, 13 April 2012

RPP KELAS VII SMP SEMESTER 1




                                                                                     
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTS                               : SMP N 1 KERTANEGARA
Mata Pelajaran                        : IPA (Fisika)
Kelas/Semester                        : VII/1
Pertemuan ke-                         : 1
Standar Kompetensi                 : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-  benda alam dengan menggunakan  peralatan
Kompetensi Dasar                   : 1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
Indikator                                 :a. Mengidentifikasi besaran-besaran fisika dalam kehidupan
sehari-hari, kemudian mengelompokannya ke dalam       besaran   pokok dan turunan,
b. Menggunakan satuan sistem internasional dalam
   pengukuran,
c. Mengonversi satuan panjang, massa,waktu dan suhu secara
   sederhana,
Alokasi Waktu                        : 2 jam pelajaran x 40
Tujuan Pembelajaran              :
Setelah pembelajaran ini, diharapkan peserta didik mampu
1.      Peserta didik mampu mengidentifikasi besaran-besaran fisika,
2.      Peserta didik mampu mengelompokan besaran fisika ke dalam besaran pokok dan besaran turunan,
3.      Peserta didik mampu menggunakan satuan internasional dalam pengukuran,
4.      Peserta didik mampu mengonversi satuan panjang, massa, waktu dan suhu.
5.       
A.    Materi Pembelajaran         : Besaran Pokok dan Besaran Turunan
B.     Metode Pembelajaran       :Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah, Penugasan.
C.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
Kegiatan
Alokasi waktu
1
Kegiatan awal
·         Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam
·         Guru melakukan absensi kepada peserta didik
·         Guru melakukan tanya jawab untuk mengungkap pengetahuan awal peserta didik tentang besaran dan satuan.
5  menit
2
Kegiatan inti
·         Melakukan diskusi kelas menyebutkan besaran dan mengelompokannya ke dalam besaran pokok dan besaran turunan
·         Melakukan diskusi kelas untuk menggunakan satuan fisika dalam sistem internasional
·         Melakukan tanya jawab, mengonversi besaran-besaran panjang, massa, dan waktu.
·         Mengadakan kuis tertulis yang disampaikan secara lisan untuk mengetahui pemahaman materi yang telah dipelajari
30 menit
3
Kegiatan akhir
·         Dengan diskusi dan tanya jawab yang telah dilakukan guru menyimpulkan dan menerangkan kembali materi besaran pokok dan besaran turunan, kemudian guru memberi tugas individu,tugas membaca dan memahami materi berikutnya.
5 menit

D.    Sumber Belajar                  :
Sumber
1.    Modul
2.    Riyanto, Widiyanto, Kadiyo, Yulius Supriyana. 2007. IPA Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu
3.    Kanginan, Marthen. 2007. IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga
Sarana/media
White Board, LCD,
E.     Penilaian                            :
Keaktifan berinteraksi dalam proses pembelajaran ( keaktifan dalam proses tanya jawab dan diskusi)
Sikap, minat dan tingkah laku
Kuis
Tugas
Contoh soal kuis
1.      Jelaskan syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh sebuah satuan yang baik? (skor:20)
2.      Tuliskan lima contoh besaran dalam fisika! (skor:25)
3.      Bagaimana kamu dapat membedakan besaran pokok dan besaran turunan? (skor:25)
4.      Apa yang terjadi jika dalam pengukuran tidak ada sistem satuan internasional? (skor:30)
Jawaban kuis
1.         Satuan bersifat tetap, satuan harus mudah ditiru, satuan harus bersifat internasional
2.         Besaran panjang, massa, waktu, suhu dan intensitas cahaya
3.         Besaran pokok: besaran yang satuannya didefinisikan tersendiri tidak diturunkan dari satuan besaran lain.
Besaran turunan: besaran yang didapatkan dari penurunan atau penjabaran besaran pokok
4.         Setiap negara akan mempunyai sistem  satuan sendiri yang berbeda antara negara yang satu dengan negara yang lain sehingga terjadi kesulitan-kesulitan dalam penyesuaian satuan.


                                                                                    Kertanegara,.......
Mengetahui,
Kepala SMP 1 KERTANEGARA                             Guru Mata Pelajaran


 Giman Somari, M.Ag                                                 Tri Nofiatun, S.Pd
NIP:                                                                            NIP:


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTS                               : SMP N 1 KERTANEGARA
Mata Pelajaran                        : IPA (Fisika)
Kelas/Semester                        : VII/1
Pertemuan ke-                         : 2
Standar Kompetensi               : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-
benda alam dengan menggunakan  peralatan
Kompetensi Dasar                   : 1.2 Menseskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
Indikator                                 :1. Mendeskripsikan pengertian suhu
                                                   2. menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
                                                   3. membandingkan skala termometer Celcius dengan skala
termometer yang lain
Alokasi Waktu                        : 2 jam pelajaran x 45
I.         Tujuan Pembelajaran       
Setelah pembelajaran ini, diharapkan peserta didik mampu
1.      Peserta didik mampu mendeskripsikan pengertian suhu
2.      Peserta didik mampu menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
3.      Peserta didik mampu membandingkan skala termometer Celcius dengan skala termometer yang lain .
II.      Materi Pembelajaran        : Suhu dan Pengukurannya
III.   Metode Pembelajaran      : Ceramah, Demonstrasi, Tanya Jawab, Penugasan
IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
Kegiatan
Alokasi waktu
1
Kegiatan awal
·         Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam
·         Guru melakukan absensi kepada peserta didik
·         Guru memberikan tes lisan dengan menunjuk siswa yang diinginkan dengan cara melihat absen atau dengan cara lainnya tentang pelajaran yang lalu dan pelajaran yang akan diberikan.




5 menit
2
Kegiatan inti
·         Guru memberikan gambaran awal mengenai pengertian suhu
·         Guru melakukan demonstrasi cara menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu zat
·         Guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik tentang macam-macam termometer dan penggunannya.
·         Melakukan diskusi kelas, membandingkan skala termometer Celcius dengan termometer fahreinheit dan reamur.
·         Guru memberikan latihan soal tertulis tentang mengkonversi skala termometer celcius ke skala termometer lainnya dan sebaliknya.
·         Setelah guru memberikan latihan soal guru menunjuk perwakilan siswa untuk mengerjakan di papan tulis.
·         Guru selain memberikan latihan soal, guru juga mengadakan kuis tertulis yang disampaikan secara lisan oleh guru.
30 menit
3
Kegiatan akhir
·         Dengan diskusi dan tanya jawab yang telah dilakukan guru menyimpulkan dan menerangkan kembali materi suhu dan pengukurannya, kemudian guru memberi tugas kelompok tentang “ Mengapa tangan kita tidak bisa dijadikan alat untuk mengukur suhu”, tugas dibuat dalam bentuk laporan dan di kumpulkan pertemuan berikutnya.
5 menit

V.      Sumber Belajar                 :
Sumber
1.    Modul
2.    Riyanto, Widiyanto, Kadiyo, Yulius Supriyana. 2007. IPA Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu
3.    Kanginan, Marthen. 2007. IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga
Sarana/media
White Board, LCD,

VI.   Penilaian                           :
Keaktifan berinteraksi dalam proses pembelajaran ( keaktifan dalam proses tanya jawab dan diskusi)
Sikap, minat dan tingkah laku
Tes tulis
Tugas kelompok
Contoh soal tes tulis
1.      Apa pengertian suhu menurut anda?(skor:20)
2.      Sebutkan jenis-jenis termometer!(skor:30)
3.      Keuntungan air raksa sebagai pengisi termometer adalah....(skor:35)
4.      Untuk menentukan titik tetap bawah pada termometer celcius digunakan....(skor:15)
Jawaban soal kuis:
1.      Suhu adalah derajat panas suatu bend
2.      Termometer zat cair (termometer klinis, termometer maksimum-minimum), termometer zat padat (termometer termokopel dan termometer hambatan), termometer gas dan termometer optik.
3.      Tidak membasahi dinding, titik bekunya rendah, titik didihnya tinggi, cepat menerima dan melepas panas.
4.      Es yang sedang mencair


                                                                                    Kertanegara,.......
Mengetahui,
Kepala SMP 1 KERTANEGARA                             Guru Mata Pelajaran


Giman Somari, M.Ag                                                  Tri Nofiatun, S.Pd
NIP:                                                                            NIP:









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTS                               : SMP N 1 KERTANEGARA
Mata Pelajaran                        : IPA (Fisika)
Kelas/Semester                        : VII/1
Pertemuan ke-                         : 3
Standar Kompetensi               : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-
benda alam dengan menggunakan  peralatan
Kompetensi Dasar                   : 1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                                 : melakukan pengukuran dasar menggunakan alat ukur yang
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu                        : 2 jam pelajaran (80 menit).
I.         Tujuan Pembelajaran        :
Setelah pembelajaran ini, diharapkan peserta didik mampu:
1.      Peserta didik mampu mengukur panjang dengan menggunakan alat ukur mistar
2.      Peserta didik mampu menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup sebagai alat ukur.
II.      Materi Pembelajaran        : Satuan dan Pengukuran
III.   Metode Pembelajaran      : Tanya Jawab, Ceramah, Demonstrasi
IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
Kegiatan
Alokasi waktu
1
Kegiatan awal
·         Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam
·         Guru melakukan absensi kepada peserta didik
·         Guru melakukan penagihan tugas kelompok dalam bentuk laporan untuk dikumpulkan
·         Guru melakukan tanya jawab tentang pelajaran yang lalu untuk mengingatkan kembali kepada peserta didik.
5  menit
2
Kegiatan inti
·         Melakukan pengukuran panjang dengan macam-macam alat ukur panjang
·         Menggunakan alat ukur waktu
·         Guru mengamati demonstrasi para peserta didik cara menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup
·         Guru mengamati demonstrasi para peserta didik membaca skala nonius pada jangka sorong kemudian di lanjutkan melakukan pengukuran dengan alat jangka sorong.
30 menit
3
Kegiatan akhir
·         Dengan diskusi dan tanya jawab yang telah dilakukan guru menyimpulkan dan menerangkan kembali materi pengukuran, kemudian guru memberi tugas individu,tugas membaca dan memahami materi berikutnya.
5 menit
V.      Sumber Belajar                 :
Sumber
1.      Modul
2.      Riyanto, Widiyanto, Kadiyo, Yulius Supriyana. 2007. IPA Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu
3.    Kanginan, Marthen. 2007. IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga
Sarana/media/alat
White Board, LCD,Penggaris, Jangka Sorong, Mikrometer Sekrup, stop-watch
4.        Penilaian                           :
Kuis tertulis, Tugas
Keaktifan dalam tanya jawab dan keterampilan kinerja
Sikap, minat dan tingkah laku peserta didik
            Contoh soal kuis
1.      Skala terkecil pada penggaris yang kamu gunakan adalah....
2.      Alat pengukur panjang yang mempunyai ketelitian sampai 0,1 mm adalah...
3.      Mikrometer sekrup mempunyai ketelitian sampai....
4.      Ada 10 lembar kertas HVS, untuk mengukur ketebalan kertas HVS tersebut alat ukur apa yang sesuai untuk digunakan.....
5.      Alat ukur jangka sorong dapat digunakan untuk mengukur apa saja?sebutkan...
Jawaban Kuis
1.      1 mm
2.      Jangka sorong
3.      0,01 mm
4.      Jangka sorong
5.      Mikrometer sekrup
                                                                                    Kertanegara,.......
Mengetahui,
Kepala SMP 1 KERTANEGARA                             Guru Mata Pelajaran


Giman Somari, M.Ag                                                  Tri Nofiatun, S.Pd
NIP:                                                                            NIP:

0 komentar: