SILABUS
Sekolah                                                 : SMP N 1 KERTANEGARA
Kelas                                                      :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran                                    : IPA Fisika
Semester                                                :
1 (Satu)
Standar Kompetensi                           :  Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari
benda-benda dengan menggunakan peralatan
No. 
 | 
  
Kompetensi dasar 
 | 
  
Materi pokok 
 | 
  
Keg. Pembelajaran 
 | 
  
Indikator 
 | 
  
Penilaian 
 | 
  
Alokasi waktu 
 | 
  
Sumber belajar 
 | 
 ||
Teknik 
 | 
  
Bentuk Instrumen 
 | 
  
Contoh Instrumen 
 | 
 |||||||
1. 
 | 
  
1.1.Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan
  beserta satuannya 
 | 
  
Besaran pokok dan besaran turunan 
 | 
  
·     
  Melakukan tanya jawab untuk mengungkap pengetahuan awal peserta didik
  tentang besaran dan satuan 
·     
  Melakukan diskusi kelas menyebutkan besaran dan mengelompokannya ke dalam
  besaran pokok dan besaran turunan 
·      
  Melakukan diskusi kelas untuk menggunakan satuan fisika dalam sistem internasional 
·     
  Melakukan tanya jawab, mengonversi besaran-besaran panjang, massa, dan
  waktu 
·     
  Mengadakan kuis tertulis yang disampaikan secara lisan untuk mengetahui
  pemahaman materi yang telah dipelajari 
 | 
  
·  
  Mengidentifikasi besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari,
  kemudian mengelompokannya ke dalam besaran pokok dan turunan 
·  
  Menggunakan satuan sistem internasional dalam pengukuran 
·  
  Mengonversi satuan panjang, massa, dan waktu secara sederhana. 
 | 
  
·     
  Keaktifan berinteraksi dalam prose pembelajaran (keaktifan dalam proses
  tanya jawab dan diskusi) 
·      
  Sikap, minat, dan tingkah laku. 
·      
  Kuis 
·     
  Tugas 
 | 
  
·      
  Daftar Pertanyaan 
·      
  Tugas Rumah 
 | 
  
Jelaskan syarat apa yang harus dipenuhi oleh
  sebuah  satuan yang baik! 
Carilah masing-masing satuan dari besaran turunan
  volume, massa jenis, percepatan, gaya, dan usaha. 
 | 
  
2x45’ 
 | 
  
1,2,3 
 | 
 
2. 
 | 
  
1.2 mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya 
 | 
  
Suhu dan pengukurannya 
 | 
  
·     
  Guru memberikan tes lisan tentang materi yang lalu dan materi yang akan
  diberikan 
·     
  Memberikan gambaran awal mengenai pengertian suhu 
·     
  Melakukan demonstrasi cara menggunakan termometer untuk mengukur suhu
  suatu zat 
·     
  Melakukan tanya jawab dengan peserta didik tentang macam-macam termometer
  dan penggunannya 
·   
  Melakukan diskusi kelas, membandingkan skala termometer celcius dengan
  termometer fahreinheit dan reamur 
·   
  Memberikan latihan soal tertulis tentang mengonversi skala termometer
  celcius ke skala termometer lainnya dan sebaliknya 
·   
  Menunjuk beberapa siswa untuk mengerjakan di papan tulis 
 | 
  
·  
  Mendeskripsikan pengertian suhu 
·  
  Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat  
·  
  Membandingkan skala termometer celcius dengan skala termometer yang lain 
 | 
  
·  Keaktifan berinteraksi dalam proses pembelajaran 
·    
  Sikap, minat, dan tingkah laku 
·    
  Tes tulis 
·    
  tugas 
 | 
  
·    
  tes  isian 
·    
  tugas kelompok 
 | 
  
Apa pengertian suhu menurut anda? 
Buatlah kliping
  yang memuat jenis-jenis termometer dan kegunannya dalam kehidupan
  sehari-hari. 
 | 
  
2x45’ 
 | 
  
1,2,3 
 | 
 
3. 
 | 
  
·   
  Melakukan tanya jawab tentang pelajaran yang lalu  
·   
  Melakukan pengukuran panjang dengan menggunakan macam-macam alat ukur
  panjang 
·   
  Menggunakan alat ukur waktu 
·   
  Mengamati demonstrasi para peserta didik membaca skala nonius pada jangka
  sorong kemudian di lanjutkan melakukan pengukuran dengan alat jangka sorong 
 | 
  
·  
  Melakukan pengukuran dasar dengan teliti menggunakan alat ukur yang
  sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
  
·     
  Keaktifan dalam tanya jawab dan keterampilan kerja 
·     
  Sikap, minat, dan tingkah laku 
·     
  Kuis tertulis 
·     
  tugas 
 | 
  
·    
  tes isian 
·    
  tugas rumah 
 | 
  
Skala terkecil pada penggaris yang kamu gunakan
  adalah.... 
Dengan menggunakan arloji atau stop Watch lakukan
  kegiatan berjalan keliling halaman rumahmu berapa waktu yang kamu butuhkan! 
 | 
  
2x45’ 
 | 
  
1,2,3 
 | 
 ||
Sumber belajar:
1.      
modul
2.      
Riyanto, Widiyanto, Kadiyo, Yulius Supriyana. 2007. IPA Terpadu untuk SMP/MTS
Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu
3.      
Kanginan, Marthen. 2007. IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII. Jakarta:
Erlangga
                                                                                                                                                                                                                                Dilaksanakan,......
                 Mengetahui,
               Kepala
sekolah                                                                                                                     Guru Fisika                                                                                                                                           
           (
Giman Somari, M.Ag )                                                                                                     (Tri
Nofiatun, S.Pd)
0 komentar:
Posting Komentar