SILABUS
Sekolah : SMP N 1 KERTANEGARA
Kelas :
VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : IPA Fisika
Semester :
1 (Satu)
Standar Kompetensi : Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari
benda-benda dengan menggunakan peralatan
No.
|
Kompetensi dasar
|
Materi pokok
|
Keg. Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1.
|
1.1.Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan
beserta satuannya
|
Besaran pokok dan besaran turunan
|
·
Melakukan tanya jawab untuk mengungkap pengetahuan awal peserta didik
tentang besaran dan satuan
·
Melakukan diskusi kelas menyebutkan besaran dan mengelompokannya ke dalam
besaran pokok dan besaran turunan
·
Melakukan diskusi kelas untuk menggunakan satuan fisika dalam sistem internasional
·
Melakukan tanya jawab, mengonversi besaran-besaran panjang, massa, dan
waktu
·
Mengadakan kuis tertulis yang disampaikan secara lisan untuk mengetahui
pemahaman materi yang telah dipelajari
|
·
Mengidentifikasi besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari,
kemudian mengelompokannya ke dalam besaran pokok dan turunan
·
Menggunakan satuan sistem internasional dalam pengukuran
·
Mengonversi satuan panjang, massa, dan waktu secara sederhana.
|
·
Keaktifan berinteraksi dalam prose pembelajaran (keaktifan dalam proses
tanya jawab dan diskusi)
·
Sikap, minat, dan tingkah laku.
·
Kuis
·
Tugas
|
·
Daftar Pertanyaan
·
Tugas Rumah
|
Jelaskan syarat apa yang harus dipenuhi oleh
sebuah satuan yang baik!
Carilah masing-masing satuan dari besaran turunan
volume, massa jenis, percepatan, gaya, dan usaha.
|
2x45’
|
1,2,3
|
2.
|
1.2 mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
|
Suhu dan pengukurannya
|
·
Guru memberikan tes lisan tentang materi yang lalu dan materi yang akan
diberikan
·
Memberikan gambaran awal mengenai pengertian suhu
·
Melakukan demonstrasi cara menggunakan termometer untuk mengukur suhu
suatu zat
·
Melakukan tanya jawab dengan peserta didik tentang macam-macam termometer
dan penggunannya
·
Melakukan diskusi kelas, membandingkan skala termometer celcius dengan
termometer fahreinheit dan reamur
·
Memberikan latihan soal tertulis tentang mengonversi skala termometer
celcius ke skala termometer lainnya dan sebaliknya
·
Menunjuk beberapa siswa untuk mengerjakan di papan tulis
|
·
Mendeskripsikan pengertian suhu
·
Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
·
Membandingkan skala termometer celcius dengan skala termometer yang lain
|
· Keaktifan berinteraksi dalam proses pembelajaran
·
Sikap, minat, dan tingkah laku
·
Tes tulis
·
tugas
|
·
tes isian
·
tugas kelompok
|
Apa pengertian suhu menurut anda?
Buatlah kliping
yang memuat jenis-jenis termometer dan kegunannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2x45’
|
1,2,3
|
3.
|
·
Melakukan tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
·
Melakukan pengukuran panjang dengan menggunakan macam-macam alat ukur
panjang
·
Menggunakan alat ukur waktu
·
Mengamati demonstrasi para peserta didik membaca skala nonius pada jangka
sorong kemudian di lanjutkan melakukan pengukuran dengan alat jangka sorong
|
·
Melakukan pengukuran dasar dengan teliti menggunakan alat ukur yang
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Keaktifan dalam tanya jawab dan keterampilan kerja
·
Sikap, minat, dan tingkah laku
·
Kuis tertulis
·
tugas
|
·
tes isian
·
tugas rumah
|
Skala terkecil pada penggaris yang kamu gunakan
adalah....
Dengan menggunakan arloji atau stop Watch lakukan
kegiatan berjalan keliling halaman rumahmu berapa waktu yang kamu butuhkan!
|
2x45’
|
1,2,3
|
Sumber belajar:
1.
modul
2.
Riyanto, Widiyanto, Kadiyo, Yulius Supriyana. 2007. IPA Terpadu untuk SMP/MTS
Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu
3.
Kanginan, Marthen. 2007. IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII. Jakarta:
Erlangga
Dilaksanakan,......
Mengetahui,
Kepala
sekolah Guru Fisika
(
Giman Somari, M.Ag ) (Tri
Nofiatun, S.Pd)
0 komentar:
Posting Komentar