JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER STATISTIKA PENDIDIKAN
SOAL:B
1.
Karena korelasi ganda 0,72 dan regresi berarti (b 0) ini
menujukan nilai Fhitung > Ftabel maka Ha
diterima jadi, kesimpulannya adalah ada hubungan antara NEM IPA SMP, sikap
ilmiah dan memori terhadap prestasi belajar kimia.
2.
Karena data yang terkumpul tidak berdistribusi
normal, maka yang dilakukan guru tersebut terhadap penelitiannya adalah
berhenti atau tidak melanjutkan penelitiannya, karena uji statistik yang di
gunakan adalah t-test tergolong
statistik parametris dimana data harus berdistribusi normal.
3.
a. Judul penelitian menggunakan analisis anava 3
jalan ( 2x2x2 ) :
“ Pembelajaran
kimia dengan model direct instruction menggunakan peta konsep dan LKS ditinjau
dari motivasi dan kreativitas siswa “.
b. Desain
penelitiannya:
Variabel bebas = model
pembelajaran direct instruction ( peta konsep dan LKS )
Variabel moderator =
motivasi berprestasi dan kreativitas siswa
Variabel terikatnya =
prestasi belajar siswa.
4.
a. Interaksi dalam anava:
interaksi
dalam anava menunjukan pola tiap faktor yang di uji berbeda. Pola berbeda ini
akan lebih mudah di pahami dengan melihat adanya persilangan garis pada grafik.
Jika garis pada kategori yang di jadikan pembanding paralel maka kita dapat
menyimpulkan adanya interaksi.
b. contoh
kasus untuk anova klasifikasi 2 arah tanpa interaksi adalah
“ kita
membandingkan efek dua jenis program pelatihan dan frekuensi sesi-sesi
pelatihan terhadap produktivitas kerja “.
Contoh kasus di atas menggambarkan analisis
varian dua arah di dalam model anova dua arah ini. Klasifikasi dua arah ini
memberikan dua buah variabel bebas. Kedua variabel bebas itu kemudian di
analisis secara simultan, tetapi variasi total tetap tidak berubah tanpa
memandang jumlah klasifikasi yang ditetapkan untuk kelompok nilai.
SOAL:C
1.
Judul penelitian “ Efektivitas Penerapan CTL
Pada Materi Pelajaran Koloid dengan Memperhatikan Kreativitas Siswa, Studi
Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta”.
a.
Desain penelitiannya:
Variabel
bebasnya = Model pembelajaran CTL,
Variabel moderatornya = Kreativitas siswa,
Variabel
terikatnya = Prestasi belajar siswa .
b.
Data yang dikumpulkan dan instrumennya adalah:
1.
Data tingkat kreativitas siswa dengan angket
2.
Data prestasi belajar siswa dengan tes hasil
belajar.
c.
Desain penelitian jika prestasi belajar yang
diukur meliputi aspek kognitif dan afektif:
Desain penelitiannya sama
seperti di atas namun, pada tes hasil belajar siswa di buat dua bentuk dalam
satu soal yakni untuk mengukur aspek kognitif dan afektif siswa.
d.
Analisis statistik yang dipilih adalah Anava dua
jalan (2x3).
2.
Judul penelitian:
a.
“ Studi perbandingan penggunaan metode Jigsaw,
STAD, dan GI pada pokok bahasan Redoks dengan memperhatikan orientasi
kepribadian dan keingintahuan siswa”.
Pada judul
penelitian ini analisis yang digunakan adalah ANAVA yaitu untuk melihat
perbedaan hasil prestasi belajar siswa menggunakan metode Jigsaw, STAD, dan GI
dengan memperhatikan orientasi kepribadian dan keingintahuan siswa. Sehingga di
gunakan ANAVA tiga jalan (3x2x2).
Variabel
bebas : metode pembelajaran ( 3 variabel )
Variabel moderator : orientasi kepribadian dan keingintahuan siswa (2
variabel),
Variabel
terikat : prestasi belajar siswa.
b.
“ pengaruh metode (Jigsaw, STAD dan GI), orientasi kepribadian
dan keingintahuan siswa terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan Redoks”.
Pada
penelitian ini analisis yang di gunakan adalah ANAVA yaitu untuk melihat
pengaruh metode pembelajaran ( Jigsaw, STAD dan GI) terhadap prestasi belajar
siswa dengan memperhatikan orientasi kepribadian dan keingintahuan siswa.
Sehingga di gunakan ANAVA tiga jalan (3x2x2).
Variabel
bebas : metode pembelajaran ( 3 variabel )
Variabel moderator : orientasi kepribadian dan keingintahuan siswa (2
variabel),
Variabel terikat
: prestasi belajar siswa.
3.
Judul penelitian:
a.
“ Hubungan antara kemampuan penalaran formal dan
keingintahuan dengan sikap ilmiah ”.
Penelitian
ini menggunakan uji statistik korelasi ganda dengan 2 variabel independen dan 1
variabel dependen.
Tabel
datanya:
No.
|
X1
|
X2
|
Y
|
X1Y
|
X2Y
|
X1X2
|
X12
|
X22
|
jumlah
|
b.
“ Pengaruh penerapan
metode TGT, sikap ilmiah dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar
fisika mahasiswa smt 1 ”.
Desain penelitiannya adalah :
Variabel independennya
ada tiga yaitu X1= metode pembelajaran, X2 = sikap
ilmiah, X3= motivasi berprestasi.
Variabel dependennya
adalah prestasi belajar (Y).
Uji
statistik yang di gunakan adalah korelasi ganda antara 3 variabel independen
dengan 1 variabel dependen.
c.
“ Studi komparasi penggunaan metode eksperimen dan
demonstrasi pada materi transport aktif pada tumbuhan dengan memperhatikan
motivasi belajarnya “.
Desain penelitiannya adalah:
Variabel
bebas = metode pembelajaran ( eksperimen
dan demonstrasi),Variabel moderator = motivasi belajar,
Variabel terikat
= prestasi belajar siswa.
Menggunakan
uji statistik anava 2 jalan (2x3).
4.
Statisitik non parametrik adalah statistik yang
digunakan untuk menganalisis data nominal dan ordinal dari populasi yang bebas
distribusi (tidak mempertimbangkan nilai dari satu/lebih parameter populasi).
Uji statistik non-parametrik dapat
dikelompokkan menjadi 3 kategori, yaitu:
1.
Uji sebuah sampel
yang dibandingkan dengan menggunakan suatu distribusi tertentu.
a.
Uji Chi-kuadrat
Untuk membandingkan frekuensi observasi dari variabel
kategori dengan frekuensi harapan.
b.
Uji Binomial
Untuk membandingkan frekuensi observasi
dari
variabel dikotomi dengan frekuensi
harapan.
c.
Uji
Kolmogorov-Smirnov satu sampel
Untuk membandingkan distribusi kumulatif observasi suatu variabel
dengan distribusi normal, uniform atau Poisson.
2.
Uji untuk dua grup
independen (bebas) atau lebih.
a.
Uji Mann Whitney U-Test
0 komentar:
Posting Komentar