-->

BINTANG

Selasa, 22 Mei 2012

CARA MENCEGAH KANKER PAYUDARA


Mencegah kanker payudara
Adapun cara sederhana mencegah resiko kanker payudara:
1.      Periksa sebulan sekali
Maksud dari periksa sebulan sekli adalah anda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang cara melakukan pemeriksaan sendiri pada penyakit kanker payudara. Pemeriksaan sendiri ini sangat berguna sebagai alat deteksi dini terhadap kelainan dan bahaya pada organ payudara.
2.      Olahraga
Olahraga merupakan cara efektif dan sederhana mencegah datangnya penyakit kanker payudara. Contoh saja kebiasaan senam selama 20 menit untuk 3 kali dalam seminggu. Akan tetapi jika anda menambah frekuensi olahraga dalam seminggu, niscaya kesehatan tubuh dalam memerangi kanker patydara Insya Allah anda bisa.
3.      Hindari minum alkohol
Minuman beralkohol meskipun hanya dalam jumlah sedikit, akan tetapi dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Sebuah penelitian mengungkapkan hubungan antara alkohol dan kanker payudara adalah terutama kuat dalam 70% tumor yang dikenal sebagai hormon-sensitif. Maka dari sekarang hindari minuman beralkohol sekarang juga.
4.      Menjaga berat badan
Penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas (terutama jika Anda melewati menopause) meningkatkan risiko kanker payudara. Hal ini terutama bagi yang bertambah berat badan di usia dewasa.
Penelitian yang dirilis pada bulan Maret 2008 oleh tim dari University of Texas MD Anderson Cancer Center di Houston menunjukkan bahwa wanita obesitas dan kelebihan berat badan juga memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih rendah saat mengalami kanker payudara. Selain itu, wamita obesitas beresiko lebih besar terkena penyakit dibandingkan wanita dengan berat badan rata-rata dan wanita kurus.
5.      Pemeriksaan mammogram setahun sekali
Mammogram merupakan pemeriksaan payudara dengan sinar-X. Tujuan menggunakan mammogram adalah untuk mendeteksi perubahan yang terjadi pada payudara. Mammogram ini sangat penting karena adanya tumor di payudara bisa segera terdeteksi. Deteksi lebih awal bisa meningkatkan kemungkinan sembuh hingga 98% untuk kanker level ringan.
5 perkara di atas bisa menjadi referensi anda dalam menjaga dan melindungi kanker payudara. Sayangi payudra anda dari sekarang dan ciptakan masyarakat Indonesia bebaskan penyakit kanker payudara.

0 komentar: