-->

BINTANG

Sabtu, 05 Mei 2012

SILABUS BESARAN DAN SATUAN KELAS VII SMP


SILABUS
Sekolah                                                 : SMP N 1 KERTANEGARA
Kelas                                                      : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran                                    : IPA Fisika
Semester                                                : 1 (Satu)
Standar Kompetensi                           :  Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda dengan menggunakan peralatan

No.
Kompetensi dasar
Materi pokok
Keg. Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
1.1.Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
Besaran pokok dan besaran turunan
·      Melakukan tanya jawab untuk mengungkap pengetahuan awal peserta didik tentang besaran dan satuan
·      Melakukan diskusi kelas menyebutkan besaran dan mengelompokannya ke dalam besaran pokok dan besaran turunan
·       Melakukan diskusi kelas untuk menggunakan satuan fisika dalam sistem internasional
·      Melakukan tanya jawab, mengonversi besaran-besaran panjang, massa, dan waktu
·      Mengadakan kuis tertulis yang disampaikan secara lisan untuk mengetahui pemahaman materi yang telah dipelajari
·   Mengidentifikasi besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari, kemudian mengelompokannya ke dalam besaran pokok dan turunan
·   Menggunakan satuan sistem internasional dalam pengukuran
·   Mengonversi satuan panjang, massa, dan waktu secara sederhana.
·      Keaktifan berinteraksi dalam prose pembelajaran (keaktifan dalam proses tanya jawab dan diskusi)
·       Sikap, minat, dan tingkah laku.
·       Kuis






·      Tugas








·       Daftar Pertanyaan





·       Tugas Rumah









Jelaskan syarat apa yang harus dipenuhi oleh sebuah  satuan yang baik!

Carilah masing-masing satuan dari besaran turunan volume, massa jenis, percepatan, gaya, dan usaha.

2x45

1,2,3
2.
1.2 mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
Suhu dan pengukurannya
·      Guru memberikan tes lisan tentang materi yang lalu dan materi yang akan diberikan
·      Memberikan gambaran awal mengenai pengertian suhu
·      Melakukan demonstrasi cara menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu zat
·      Melakukan tanya jawab dengan peserta didik tentang macam-macam termometer dan penggunannya
·    Melakukan diskusi kelas, membandingkan skala termometer celcius dengan termometer fahreinheit dan reamur
·    Memberikan latihan soal tertulis tentang mengonversi skala termometer celcius ke skala termometer lainnya dan sebaliknya
·    Menunjuk beberapa siswa untuk mengerjakan di papan tulis
·   Mendeskripsikan pengertian suhu
·   Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
·   Membandingkan skala termometer celcius dengan skala termometer yang lain

·  Keaktifan berinteraksi dalam proses pembelajaran
·     Sikap, minat, dan tingkah laku
·     Tes tulis



·     tugas






·     tes  isian



·     tugas kelompok






Apa pengertian suhu menurut anda?

Buatlah kliping yang memuat jenis-jenis termometer dan kegunannya dalam kehidupan sehari-hari.
















2x45
















1,2,3
3.


·    Melakukan tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
·    Melakukan pengukuran panjang dengan menggunakan macam-macam alat ukur panjang
·    Menggunakan alat ukur waktu
·    Mengamati demonstrasi para peserta didik membaca skala nonius pada jangka sorong kemudian di lanjutkan melakukan pengukuran dengan alat jangka sorong
·   Melakukan pengukuran dasar dengan teliti menggunakan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

·      Keaktifan dalam tanya jawab dan keterampilan kerja
·      Sikap, minat, dan tingkah laku
·      Kuis tertulis





·      tugas






·     tes isian





·     tugas rumah





Skala terkecil pada penggaris yang kamu gunakan adalah....
Dengan menggunakan arloji atau stop Watch lakukan kegiatan berjalan keliling halaman rumahmu berapa waktu yang kamu butuhkan!










2x45










1,2,3



Sumber belajar:
1.       modul
2.       Riyanto, Widiyanto, Kadiyo, Yulius Supriyana. 2007. IPA Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu
3.       Kanginan, Marthen. 2007. IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga


                                                                                                                                                                                                                                Dilaksanakan,......
                 Mengetahui,

               Kepala sekolah                                                                                                                     Guru Fisika                                                                                                                                          

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
           ( Giman Somari, M.Ag )                                                                                                     (Tri Nofiatun, S.Pd)
                                                                                                                                                                                               

0 komentar: