-->

BINTANG

Senin, 28 Mei 2012

sejarah satuan kaki

Sejarah Kaki Sebagai Satuan
Satuan kaki (bahasa inggris: foot, jamak: feet) tidak banyak digunakan di negara-negara di dunia. Hanya beberapa negara yang mempergunakannya. Satuan ini lebih dikenal dengan satuan British, karena memang satuan ini awalnya yang memperkenalkan adalah Britania Raya, dan sampai sekarang masih dipakai di Britania Raya dan beberapa negara jajahannya seperti Amerika Serikat.
Banyak orang yang sebenarnya masih bingung asal usul besaran kaki. Banyak dari mereka mengatakan bahwa 1 kaki adalah ukuran langkah seseorang. Tapi menurut sepengetahuan saya sebenarnya kaki itu merupakan ukuran panjang telapak kaki orang dewasa. Kalau kita lihat penggaris 30 cm, disitu juga terdapat satuan inci, nah 12 inci itu sama dengan 1 kaki. Kalau kita bandingkkan dengan kaki orang Indonesia, 12 inci terlalu besar untuk ukuran sebuah telapak kaki, atau panjang kaki. Tapi bagi orang Britania Raya (Ingris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara) yang notabene mereka mempunyai badan yang sangat besar-besar, 12 inci merupakan ukuran yang tidak begitu besar. Jadi ukuran 12 inci atau satu kaki adalah ukuran panjang 1 kaki mereka. Simbol internasional untuk kaki adalah ft.
Kita tahu bahwa 1 kaki tadi adalah 12 inci, nah ada juga yang mencari-cari asal usul inchi. Menurut sebagian sumber, inci pada awalnya didefinisikan sebagai jarak antara ujung ibu jari dengan ruas pertama ibu jari. Perkataan bagi "inci" sama dengan perkataan "ibu jari" dalam beberapa bahasa. Bahasa Perancis : inci, pouce ibu jari; bahasa Italia: pollice inci,pollice ibu jari; bahsa Spanyol:pulgada inci, pulgar ibu jari; bahasa Swedia: tum inci,tumme ibu jari, bahasa Belanda: duim, inci dan ibu jari.
Kemudian satuan panjang lagi yang tidak sesuai dengan satuan internasional (SI) adalah yard. Dalam kenyataannya yard adalah ukuran panjang 3 kaki. Jadi kalau kita bandingkan dengan inchi, 1 yard adalah 36 inci. nah banyak yang kurang tahu tentang hal ini. Menurut sebagian sumber juga, yard didefinisikan sebagai jarak antara hidung Raja Henry I dari Inggris hingga ibu jarinya.
Meski dewasa ini kaki terutama hanya digunakan di Britania Raya dan (bekas) jajahannya seperti Amerika Serikat, satuan ini konon asalnya dari Sumeria kuno.

0 komentar: