-->

BINTANG

Sabtu, 05 Mei 2012

TUGAS STATISTIK PENDIDIKAN



NAMA: TRI NOFIATUN
NIM    : 103611024
TUGAS : STATISTIK PENDIDIKAN
                                                                                                       
JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER STATISTIKA PENDIDIKAN
SOAL:B
1.        Karena korelasi ganda 0,72 dan regresi berarti (b  0) ini menujukan nilai Fhitung > Ftabel maka Ha diterima jadi, kesimpulannya adalah ada hubungan antara NEM IPA SMP, sikap ilmiah dan memori terhadap prestasi belajar kimia.
2.        Karena data yang terkumpul tidak berdistribusi normal, maka yang dilakukan guru tersebut terhadap penelitiannya adalah berhenti atau tidak melanjutkan penelitiannya, karena uji statistik yang di gunakan adalah  t-test tergolong statistik parametris dimana data harus berdistribusi normal.
3.        a. Judul penelitian menggunakan analisis anava 3 jalan ( 2x2x2 ) :
Pembelajaran kimia dengan model direct instruction menggunakan peta konsep dan LKS ditinjau dari motivasi dan kreativitas siswa “.
b. Desain penelitiannya:
Variabel bebas = model pembelajaran direct instruction ( peta konsep dan  LKS )
Variabel moderator = motivasi berprestasi dan kreativitas siswa
Variabel terikatnya = prestasi belajar siswa.
4.        a. Interaksi dalam anava:
interaksi dalam anava menunjukan pola tiap faktor yang di uji berbeda. Pola berbeda ini akan lebih mudah di pahami dengan melihat adanya persilangan garis pada grafik. Jika garis pada kategori yang di jadikan pembanding paralel maka kita dapat menyimpulkan adanya interaksi.
b. contoh kasus untuk anova klasifikasi 2 arah tanpa interaksi adalah
“ kita membandingkan efek dua jenis program pelatihan dan frekuensi sesi-sesi pelatihan terhadap produktivitas kerja “.
 Contoh kasus di atas menggambarkan analisis varian dua arah di dalam model anova dua arah ini. Klasifikasi dua arah ini memberikan dua buah variabel bebas. Kedua variabel bebas itu kemudian di analisis secara simultan, tetapi variasi total tetap tidak berubah tanpa memandang jumlah klasifikasi yang ditetapkan untuk kelompok nilai.
SOAL:C
1.      Judul penelitian “ Efektivitas Penerapan CTL Pada Materi Pelajaran Koloid dengan Memperhatikan Kreativitas Siswa, Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta”.
a.        Desain penelitiannya:
Variabel bebasnya = Model pembelajaran CTL,
 Variabel moderatornya = Kreativitas siswa,
Variabel terikatnya = Prestasi belajar siswa .
b.        Data yang dikumpulkan dan instrumennya adalah:
1.         Data tingkat kreativitas siswa dengan angket
2.         Data prestasi belajar siswa dengan tes hasil belajar.
c.         Desain penelitian jika prestasi belajar yang diukur meliputi aspek kognitif dan afektif:
       Desain penelitiannya sama seperti di atas namun, pada tes hasil belajar siswa di buat dua bentuk dalam satu soal yakni untuk mengukur aspek kognitif dan afektif siswa.
d.        Analisis statistik yang dipilih adalah Anava dua jalan (2x3).
2.      Judul penelitian:
a.        “ Studi perbandingan penggunaan metode Jigsaw, STAD, dan GI pada pokok bahasan Redoks dengan memperhatikan orientasi kepribadian dan keingintahuan siswa”.
Pada judul penelitian ini analisis yang digunakan adalah ANAVA yaitu untuk melihat perbedaan hasil prestasi belajar siswa menggunakan metode Jigsaw, STAD, dan GI dengan memperhatikan orientasi kepribadian dan keingintahuan siswa. Sehingga di gunakan ANAVA tiga jalan (3x2x2).
Variabel bebas : metode pembelajaran ( 3 variabel )
Variabel moderator : orientasi kepribadian dan keingintahuan siswa (2 variabel),
Variabel terikat : prestasi belajar siswa.
b.        “ pengaruh metode  (Jigsaw, STAD dan GI), orientasi kepribadian dan keingintahuan siswa terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan Redoks”.
Pada penelitian ini analisis yang di gunakan adalah ANAVA yaitu untuk melihat pengaruh metode pembelajaran ( Jigsaw, STAD dan GI) terhadap prestasi belajar siswa dengan memperhatikan orientasi kepribadian dan keingintahuan siswa. Sehingga di gunakan ANAVA tiga jalan (3x2x2).
Variabel bebas : metode pembelajaran ( 3 variabel )
Variabel moderator : orientasi kepribadian dan keingintahuan siswa (2 variabel),
Variabel terikat : prestasi belajar siswa.
3.      Judul penelitian:
a.         “ Hubungan antara kemampuan penalaran formal dan keingintahuan dengan sikap ilmiah ”.
Penelitian ini menggunakan uji statistik korelasi ganda dengan 2 variabel independen dan 1 variabel dependen.
Tabel datanya:
No.
X1
X2
Y
X1Y
X2Y
X1X2
X12
X22









jumlah








b.         “ Pengaruh penerapan metode TGT, sikap ilmiah dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar fisika mahasiswa smt 1 ”.
 Desain penelitiannya adalah :
Variabel independennya ada tiga yaitu X1= metode pembelajaran, X2 = sikap ilmiah, X3= motivasi berprestasi.
Variabel dependennya adalah prestasi belajar (Y).
Uji statistik yang di gunakan adalah korelasi ganda antara 3 variabel independen dengan 1 variabel dependen.
c.         “ Studi komparasi penggunaan metode eksperimen dan demonstrasi pada materi transport aktif pada tumbuhan dengan memperhatikan motivasi belajarnya “.
 Desain penelitiannya adalah:
Variabel bebas =  metode pembelajaran ( eksperimen dan demonstrasi),Variabel moderator = motivasi belajar,
Variabel terikat = prestasi belajar siswa.
Menggunakan uji statistik anava 2 jalan (2x3).
4.      Statisitik non parametrik adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data nominal dan ordinal dari populasi yang bebas distribusi (tidak mempertimbangkan nilai dari satu/lebih parameter populasi).
Uji statistik non-parametrik dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori, yaitu:
1.    Uji sebuah sampel yang dibandingkan dengan menggunakan suatu distribusi tertentu.
a.         Uji Chi-kuadrat
Untuk membandingkan frekuensi observasi dari variabel kategori dengan frekuensi harapan.
b.         Uji Binomial
Untuk membandingkan frekuensi observasi dari
variabel dikotomi dengan frekuensi harapan.
c.         Uji Kolmogorov-Smirnov satu sampel
Untuk membandingkan distribusi kumulatif observasi suatu variabel dengan distribusi normal, uniform atau Poisson.
2.      Uji untuk dua grup independen (bebas) atau lebih.
a.       Uji Mann Whitney U-Test

0 komentar: